: RENTAL MOBIL, JAKARTA, BOGOR, DEPOK, TANGERANG, BEKASI

Tips Merawat Accu Mobil


Cara Merawat Accu / Aki Mobil

Peran ACCU dalam mobil sangatlah penting disamping sebagai starter, Juga berfungsi sebagai penggerak semua sistim elektronik di dalam mobil tersebut,

Di dalam accu, terdapat bahan beracun yang mengandung timbal dan asam sulfur, Sehingga penanganannya pun tak bisa sembarangan. Untuk itu, Ada tips yang bisa membantu Anda dalam merawat aki (accu), antara lain :


  • Langkah pertama adalah membaca buku panduan atau buku petunjuk pemakaian sebelum menggunakan aki ( Kontrol air aki secara berkala jangan sampai berkurang dan kering )


  • Jauhkan aki dari api karena dapat mengeluarkan gas hidrogen yang mudah terbakar atau meledak. Oleh karena itu, simpan aki di tempat yang aman.


  • Gunakan kacamata pelindung, masker, dan sarung tangan sewaktu menangani aki. Asam sulfur yang terdapat di dalam aki jika terkena tangan akan menimbulkan rasa gatal dan akan membahayakan tubuh bila terhirup. Bahkan efeknya akan sangat membahayakan bila mengenai mata karena dapat menimbulkna kebutaan.


  • Sebaiknya tidak membuang aki bekas secara sembarangan di tong sampah karena aki mengandung bahan beracun. Daripada membuang aki bekas, akan lebih bermanfaat bila melakukan trade in (tukar tambah) dengan toko tempat Anda membeli aki baru karena umumnya mereka memang menerima aki-aki bekas. Hal ini dimungkinkan karena aki mengandung timbal yang dapat didaur ulang untuk diproses dan digunakan kembali.


Ada baiknya jika aki dijauhkan dari air karena akan mengakibatkan korsleting dan bisa mengakibatkan karat pada kepala aki, sehingga mempengaruhi kualitas arus listrik yang dihasilkan.Cara membersihkannya cucilah  kepala aki dengan air hangat, Dengan perawatan yang tepat, niscaya aki pada kendaraan Anda tetap Berfungsi Dengan Baik dan Sempurna.